Kulit Imitasi

Bangsa Indonesia sepatutnya bangga dengan kualitas kulit lokal negara kita. Kulit sapi Jawa (Java box) khususnya, ternyata memiliki kulit NERF berkualitas baik, kekuatan dan keawetannya diakui di pasar internasional. Akan tetapi karena kurangnya pengetahuan tentang kulit, masyarakat lebih suka menggunakan kulit imitasi yang dilabeli brand-brand tertentu sehingga produk yang dibeli tidak bertahan sampai 6 bulan dan akhirnya menyesal. Berbeda halnya bila Anda menggunakan bahan dari kulit asli.

Dalam proses penyamakan kulit, ketebalan disesuaikan dengan kebutuhan. Bagian kulit dipisahkan menjadi 2, bagian atas disebut NERF (Genuine Leather) dan bagian bawah sering disebut SPLIT (Action Leather). Split sendiri masih bisa diolah dengan menempelkan lapisan kulit sintetis yang kemudian dikenal dengan istilah Laminating Polyurethane (PU Split). Bahan inilah yang sering digunakan oleh produk impor dengan harga terjangkau, namun kulit polyurethane ini mempunyai tingkat keawetan maksimal 1 tahun pada suhu normal, baunya yang khas kulit kadang menipu konsumen awam yang belum mengerti tentang kulit.

Kulit sintetis lainnya selain PU Split juga dikenal istilah kulit sintetis PVC yakni jenis kulit yang terbentuk dari bahan PVC, dicirikan dengan bau khas plastik yang cukup menyengat. Dari segi usia ekonomis, kulit sintetis PVC ini lebih tahan lama dibandingkan dengan PU Split, namun tentu kedua bahan ini mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Karena mengandung unsur plastik tentu cara paling mudah membedakan dengan kulit asli adalah dari hawa yang ditimbulkan ketika Anda menggosoknya dengan tangan, bila menghasilkan hawa dingin berarti produk tersebut dari kulit asli, sedangkan bila menghasilkan hawa hangat berarti terbuat dari bahan sintetis.

Sumber : re-touch dari Kreasi Kulit

 Image

Polyurethane 1

Image

Polyurethane 2

Image

 

Split leather

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: