Penipuan Online Shop

Dear temen-temen,

Kemarin baru saja ngobrol dengan pelanggan yang ketipu sama olshop di Batam. Hadeh.. ada korban lagi nih, walaupun tidak semua olshop di Batam adalah fiktif. Hal ini mendorong saya untuk menulis sesuatu tentang penipuan olshop, yah bagi-bagi info lah agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Sebetulnya searching di Google udah banyak yang ngebahas tentang penipuan olshop ini. Tapi lagi-lagi itu terjadi… So apa yang mesti dilakukan ketika kamu kena tipu olshop? (mudah-mudahan engga ya..).

Oke, yang dimaksud ketipu adalah ketika kamu mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan dan barang yang kamu pesen engga kunjung sampe, kecenderungannya olshop tersebut susah dihubungi, dan engga pernah merespon pertanyaanmu. Berbeda hal nya dengan kamu beli barang di olshop dan ketika diterima barang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk yang terakhir must be careful, lihat detil produk dengan cermat ya pren.

Pertama jangan panik, kamu mesti sadar bahwa kecil kemungkinan uangmu bakal kembali. Hanya usaha maksimal yang dapat dilakukan dengan pikiran jernih dapat membantu kamu sedikit mengurangi rasa galau. Kumpulkan semua bukti yang bisa kamu dapetin, mulai dari bukti transfer, link olshop, no. hp nya, dan jangan lupa kronologis detil kejadian kamu tulis (sebelum kamu lupa). Oh iya jangan sampai kamu ga punya salinan semua bukti tadi ya.

Kedua, cobalah menghubungi pihak-pihak terkait yang mungkin bisa membantumu :

  1. Lapor Polisi, cara pertama untuk tindak pidana adalah melaporkan penipuan yang kamu alami ke polisi. Jangan lupa minta bukti pengaduan / laporan.
  2. Bank, adukan ke bank kamu. Sampaikan kejadian yang kamu alami disertai dengan bukti yang sudah kamu kumpulkan di awal termasuk bukti transfer, testimoni kejadian detilnya dan disertai laporan polisi (jangan lupa materai ya, menunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab atas laporan yang kamu sampaikan). Logikanya bank akan membantu kamu sebagai nasabahnya, jika laporan kamu diterima, bank akan memblokir rekening yang bersangkutan sampai kamu sendiri yang membukanya.
  3. YLKI, sebagai konsumen yang dirugikan tentu kamu bisa menyampaikan kejadian kamu ke lembaga yang khusus menangani masalah itu. Prosedur pengaduan dapat kamu lihat di websitenya  di YLKI atau sampai tulisan ini dibuat bisa kamu klik link ini tata cara pengaduan konsumen.

Ketiga, kalau kamu ingin kejadian serupa tidak terulang kepada orang lain tulis di diarymu (blog, catatan FB dsb). Selama kamu benar jangan takut kasus kamu di “Prita”kan, hanya perlu hati-hati menulis testimoni di ruang publik. Lakukan usaha maksimal terlebih dahulu, seperti menghubungi olshop ybs lewat media apapun yang disediakan. SMS, Telp, Wall FB, komentar di web, dsb apapun informasi yang kamu dapetin saat olshop tsb masih “on”.

Antisipasi Penipuan

  1. Pastikan informasi yang disediakan olshop tersebut adalah Valid. Paling gampang kamu search aja di Google atau browser lainnya, tanya teman di daerah yang sama dengan olshop tersebut, dsb.. be creatif sebelum kamu menyesal selamanya.
  2. Jangan tergiur harga miring, modusnya simple. Menggiring kamu untuk transfer secepatnya tanpa menggunakan akal sehat. be wise pren..
  3. Biasanya ketika kamu sudah transfer, FB kamu akan diblokir sehingga kamu tidak bisa search FB nya lagi (kalau dia pakai FB). Jadi catat semua informasi yang bisa kamu dapetin pertama kali ketemu olshop.
  4. FB bisa di hack, testimoni gampang dibuat. Cermatlah pren.. jangan gampang percaya testimoni tanpa konfirmasi pemesan, tidak ada interaksi yang intens di wall FB, atau adanya testi yang bejibun padahal usia FB atau web masih seumur jagung.
  5. Untuk daerah Batam, cek olshop itu fiktif apa engga. Kamu bisa cari disini ya CEK atau bila menggunakan FB bisa langsung ke link ini LINK.
  6. Hindari olshop yang hanya menggunakan saluran terbatas untuk komunikasi, misal no. Hp saja. Please deh pren, nomor hape bisa ganti kapanpun dan dimanapun.

 daftar olshop penipu juga bisa kamu lihat disini LINK.

Tulisan ini masih jauh dari sempurna, tapi semoga bisa bermanfaat ya pren🙂.

19 Balasan ke Penipuan Online Shop

  1. andriany mengatakan:

    saya g tau apa yg saya alami penipuan atau bukan, sy sdh biasa belanja di dunia maya, khususnya FB. sy naksir sama baju yg menurutnya adalah import. sdh tawar menawar terjadilah trasnsaksi. datangnlah barang yg sy tunggu,,,,, cuma begitu saya buka bajunya ga sesuai dg permintaan. bisa dibilang itu baju grosiran, klo dibilang barang replika jg mase blm pantes, krn bahannya murahan bngt. ya mmg itu salah sy, krn tlah membeli kucing dalam karung. namun sampai skrg membuat sy jd ga percaya sama olshop yg lain. smoga ini menjadi pelajaran bagi kawan-kawan.

    • BehindUs mengatakan:

      Lain kali mungkin lebih hati-hati ya Mb, pilih bener-bener olshop yang trusted. Semoga menjadi pengalaman yang berharga, dan jangan parno dengan olshop, masih banyak yang bagus lho🙂. Saya sendiri mengelola olshop di http://www.gotosovie.com, FB saya bisa ditemukan di Gotosovie Yogyakarta.

  2. Tino mengatakan:

    Thanks

  3. atama_collection@yahoo.co.id mengatakan:

    saya pernah kena tipu di handi shop…

  4. Iyas Dwie Yuanthy mengatakan:

    saya pertama kali transaksi blnja d’dumay dan apesnya lngsung kena tipu 465 ilang!! saya udh laporn ke pihak bank tp pihak bank blng percuma saya mlapor krna uang saya tdk akan kmbali akhrnya saya pesimis. yang saya heran penipu itu msh eksis d facebook hny blokir fb saya n d set privasi, no. hp nya msh akttif udh sring saya sms tp gak ada blsan, tlpon jg d’alihkan. k’jadian th sudah 3 minggu lalu

  5. BehindUs mengatakan:

    Memang untuk pengaduan akan menguras tenaga dan pemikiran, tp inilah masalahnya Mb. Ketika kita kena tipu kemudian kita pasrah krn uang tidak seberapa maka penipu pun akan leluasa melenggang.

  6. yunita sari mengatakan:

    awal bulan lalu saya baru saja tertipu http://www.pondoksepatu.com sampai sekarang saya tidak terima barang dan uang tidak kembali. saya tlp tidak di jwb, di sms tidak di balas, tapi saya pakai nomor lain tuk menghubunginya dan berpura2 mau order langsung di bls.

  7. aini mengatakan:

    Baru 2 hari lalu saya tertipu http://www.dutafone.com beli HP, awalnya sih ga curiga, webnya kayanya keren, pls bnyk testimoni2, sy mw beli sony xperia, udah transfer 2.2jutaan, smp skrg brng ga sy terima, sms ga dibalas, tlp ga diangkat😦, hindari site itu yAaa.. Itu site yg sama dg centrafone.com

  8. Veve mengatakan:

    hati-hati sama ini juga dan semua yang memberi testimoni di dalamnya. mereka semua kayaknya terlibat lho. Dhea Elektro itu dulunya pake nama IStana Olshop. begitu ketahuan fb nya langsung ditutup. MOnicaolshop jg sama dgn dhea. Pemberi testimoni jg itu-itu saja. Mana 2 fb itu pake no HP yang sama lagi. Ngakunya punya toko di Batam.

    http://www.facebook.com/anhy.yaya
    http://www.facebook.com/monica.olshop.39

    no HP yg dipake selalu sama untuk no HP yg pertama :
    0821 8800 7499
    0877 7584 3777
    0878 8231 4448

    pemberi testimoni :
    http://www.facebook.com/joy.bugis
    http://www.facebook.com/madodong.culemu
    http://www.facebook.com/rini.siu.3
    http://www.facebook.com/selvy.lie.52
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100004479248831
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100004393782648

    Rekening yang dipake :
    BCA 0342111066 – Ayu Widari
    BNI 0260278683 – Ardian Wibisono

  9. BehindUs mengatakan:

    Yup terima kasih infonya sista, jika browsing dulu pasti ada kok kejanggalan-kejanggalan olshop penipu itu. Ingat “Tidak ada kejahatan yang sempurna” – Pepatah Polisi😀

  10. indra Banjarmasin mengatakan:

    saya baru saja ketipu sama ol shop sebesar 1,2 jt
    nama web nya : http://www.media-olshop.blogspot.com
    pin BB : 29D9AF77
    no telp : 0823-333-36-167
    alamatnya :Jalan. Imam Bonjol.Komp. Nagoya Hill Mall Blok C/17 . Kelurahan Lubuk Baja. Kota Batam.
    Kep. Riau 29444 – Indonesia.
    email :mediashop@ymail.com
    omongnya sangat menyakinkan terus saya transfer 1,2 jt katanya resi pengirimannya bisa lansung terima setelah saya tanya berkali2 dia tunda menunda terus akhirnya saya tanya lagi di telp saya katanya barangnya (HP BB) kececer jd saya kudu bayar lg ke dia sejumlah barang barang kelebihan yaitu 3,1 jt untungnya saya tidak mau bayar lg saya yakin yang sudah saya transfer 1,2 jt barangnya juga tak kunjung dikirim gimana mau kececer emang gw bego dua kali
    AWASSSS!!!!!!
    no Rek
    A/n : HAYKAL SURYANTO
    A/c : 8025050530
    bank BCA
    rekening diatas adalah rekening penipu
    semoga ini dapat membantu teman2 agar lebih waspada
    semoga mereka yang makan duit hasil tipuan mendapakan penyakit yang mengerogoti tubuh mereka selama bertahun2 dan akhirnya meninggal tidak diterima bumi aminnnnn….

  11. BehindUs mengatakan:

    Jangan lupa cek pemilik domain Gan bisa di http://who.is/whois/misielektroshop.com, ganti aja olshop tsb dengan olshop yg ingin kamu cek pemilik domainnya, ini salah satu contoh olshop penipu. Pemilik domain web penipu biasanya diprivacy, hidden, dan server di luar negeri. Sempatkan waktu untuk check ya… semoga kerugian kamu diganti dengan rejeki yg berlimpah🙂

  12. BehindUs mengatakan:

    Saya rekomendasikan untuk baca blog ini, sebagai langkah-langkah ketika kamu kena tipu olshop, semoga bermanfaat :

    http://antie.info/03/05/2013/cara-melaporkan-penipuan-online-shop-handphone-dan-kamera-murah.html

  13. christine mengatakan:

    Heros ponsel penipu!!
    Saya ditipu olh heros ponsel, saya pesen samsung mega, hari sabtu saya transfer dan hari minggu akn dikirim, tp gk nyampe, malah ª∂a̲̅ orang bea cukai telefon saya, kalo barangnya ilegal & saya hrs bayar denda. Saya minta tanggung jawab sm hores ponsel. & katanya dia akn tanggung jawab, tp td saya ∂ï delcont bbm , ternyata dia penipu!!, sy yakin orng yg ngaku bea cukai, temen dia, DASAR PENIPU!!
    BCA : 4020279066 a/n : ITA ROHAYATI (PENIPU!!!)
    sama rekening a/n : HAMDAN ALI (PENIPU YG JUAL SAMSUNG)
    0823 2110 5999/ PIN BB : 2B05B3E3 (PENIPU)
    Hati2 temen2nya banyak dan mereka memakai no hp yg depannya sama 0823
    bantu share, supaya tidak banyak yg tertipu!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: