Kriteria-Kriteria Ajaran Sesat

ISSN 0127/1482

Bahagian Hal Ehwal Islam, Jabatan Perdana Menteri, 1994, Kriteria-Kriteria Ajaran Sesat, Percetakan Nasional Malaysia Berhad.

Definisi ajaran sesat

MABIM sepakat mendefinisikan ajaran sesat sebagai: “Ajaran atau amalan apa pun yang dibawa oleh orang Islam atau non Islam yang mengaku bahwa ajaran atau amalan tersebut adalah ajaran Islam atau berdasarkan kepada ajaran Islam, padahal pada hakikatnya bertentangan dengan ajaran Islam yang berdasarkan Al-Quran dan AsSunah, serta bertentangan dengan ajaran Ahli Sunnah wal Jama’ah”.

MABIM sepakat bahwa suatu ajaran sebelum dikategorikan sebagai ajaran sesat, perlu terlebih dahulu dilakukan penelitian secara mendetail dan ilmiah.

Untuk menentukan bahwa suatu ajaran termasuk ajaran sesat, kriteria berikut dapat dijadikan sebagai pedoman:

  1. Mempercayai rukun-rukun iman dan dasar-dasar akidah yang bertentangan dengan akidah Ahli Sunnah wal Jama’ah, seperti mempercayai adanya kitab lain yang menyamai atau menghapus kitab suci Al-Quran, mempercayai adanya kiblat selain ka’bah dan seumpamanya.
  2. Mempermasalahkan kebenaran Al-Quran dan Al-Hadits.
  3. Mengaku dirinya atau orang lain sebagai Nabi terakhir, Nabi Isa a.s, Imam Mahdi Al Muntadzar dan seumpamanya.
  4. Mempercayai bahwa penyatuan beberapa agama di dunia sebagai agama yang sepantasnya menjadi anutan umat manusia.
  5. Mengkultuskan diri atau pemimpin atau suatu ajaran yang bertentangan dengan akidah Ahli Sunnah wal Jama’ah, seperti mempastikan diri atau gurunya sebagai ahli surga, dapat menebus dosa, memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki orang lain, misalnya boleh beristri lebih dari empat orang.
  6. Berbuat bid’ah atau mempunyai pendapat baru yang bertentangan dengan akidah dan syariah yang mempunyai dasar qothi dan disepakati. Misalnya, menghapuskan kewajiban berjihad, sembahyang Jumat, puasa Ramadhan, pergi haji ke Mekah dan seumpamanya.
  7. Menafsirkan Al-Quran atau Al-Hadits sesuka hati.

Berita terkait :

Wikipedia Aliran Sesat di Indonesia, Inilah Sebagian Aliran Sesat di IndonesiaAliran-Aliran Sesat di Indonesia, Aliran Sesat, Aliran Sesat di Indonesia (gambar).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s