DIGG

Digg merupakan sebuah situs berita sosial, selain itu situs ini memungkinkan orang darimanapun untuk menemukan dan berbagi cerita melalui internet. Dengan mengirimkan link website dan cerita, para diggers akan memberikan voting terhadap link dan cerita yang Anda sampaikan. Bila konten, cerita, atau artikel yang Anda sampaikan mendapat banyak respon baik, maka cerita Anda akan dipasang di halaman depan situs digg dan ditonton oleh jutaan diggers. Anda tidak akan menemukan editor dalam situs ini, karena penilaian konten diserahkan kepada pengguna untuk melakukan “Digg”(Istilah yang digunakan untuk memberikan apresiasi serta menggali konten, artikel, dan cerita yang menarik) atau “Bury” (Istilah yang digunakan untuk mengubur sebuah konten yang membosankan atau bahkan tidak penting). Sebuah keuntungan bagi Anda tentunya apabila konten tersebut telah diseleksi oleh para diggers. Terlebih lagi apabila Anda terlibat secara aktif dalam menilai cerita atau konten yang diunggah. Kesimpulannya Digg merupakan salah satu cara menemukan berita populer dan mempopulerkan konten web Anda.

Membuat  Akun di Digg

Bila Anda ingin menggunakan berbagai macam fasilitas Digg, maka membuat akun adalah suatu kewajiban bagi Anda. Perhatikan langkah berikut dengan seksama:

  1. Tekan tombol Join Digg! .
  2. Bila Anda menemukan kotak dialog Join Digg!, tuliskan alamat email, username serta password yang  akan Anda gunakan pada akun Digg kemudian tekan Continue.
  3. Tulis kembali huruf sandi yang tertera di kolom lantas tekan Create Account.
  4. Setelah itu Anda akan mendapat email konfirmasi pendaftaran, klik link tersebut di email Anda untuk melengkapi registrasi.
  5. Anda akan diarahkan kepada beberapa website. Untuk mengidentifikasi website yang kredibel Anda bisa melakukan hal berikut: 1) Melihat jumlah pengikutnya (Followers), semakin banyak pengikutnya berarti web tersebut dipercaya oleh banyak orang. 2) Membaca deskripsi web tersebut, apakah web tersebut khusus  menyampaikan berita dengan kategori tertentu atau tidak, seperti kategori seni, video lucu, atau bahkan aktif di semua topik dan sebagainya. 3) Selain itu, Anda bisa menjelajahi konten web tersebut dengan menekan link di samping thumbnailnya.
  6. Bila Anda menyukai konten dari web tersebut Anda bisa menekan tombol Follow.
  7. Tekanlah dropdown disebelah Profile Photo Anda.
  8. Jikalau sudah klik opsi Settings.
  9. Pilih kategori Profile untuk mengatur profil Anda.
  10. Klik tombol Browse untuk meng-upload image dari komputer.
  11. Pilih salah satu image dan tekan tombol Open.
  12. Selanjutnya Anda akan diminta menuliskan nama lengkap, lokasi, deskripsi Anda, kelahiran dan jenis kelamin. Masukkan data yang diminta lalu klik Save Changes.

Mengelola Feeds

Selain membaca cerita atau artikel baru yang diposting, Anda tentunya ingin berpartisipasi untuk berbagi cerita dengan orang lain. Berikut cara berbagi cerita melalui Rss Auto-import:

  1. Buka dropdown Profile Photo dan pilih opsi Settings.
  2. Bila sudah tekan link Import Feeds.
  3. Lanjutkan dengan memasukkan alamat URL website atau blog Anda kemudian tekan Add Feed.
  4. Bila muncul kolom Manage Feeds tekan tombol Verify Now.
  5. Tampilan URL web yang telah diverifikasi.
  6. Beberapa catatan untuk memposting sebuah cerita melalui fasilitas Auto-import ini adalah: 1) Pastikan Anda menggandakan dan melekatkan key info di judul atau batang tubuh RSS feed Anda. 2) Atau sebuah kunci yang harus Anda sertakan dalam postingan selanjutnya. 3) Sistem memerlukan waktu hingga 4 jam untuk mulai mengimpor feed dari Anda. 4) Pastikan Anda memasang item baru di dalam blog Anda. 5) Keterangan lebih lanjut bisa Anda baca di http://about.digg.com/faq.

My News

My News merupakan salah satu fitur baru dari Digg, sebuah model inventarisasi berita khusus melalui proses penyaringan oleh teman-teman yang Anda sukai maupun narasumber yang Anda percaya. Secara umum berita menarik akan direkomendasikan oleh teman Anda. Oleh sebab itu untuk menggunakan fitur ini di situs http://digg.com/news, gunakan langkah berikut:

  1. Setelah Anda melakukan Login klik tab My News.
  2. Pilih link Find People di panel sebelah kiri.
  3. Follow beberapa website teman atau relasi yang Anda inginkan untuk merekomendasikan berita kepada Anda.
  4. Kemudian di tab My News akan terlihat berita yang direkomendasikan oleh teman-teman atau relasi Anda.
  5. Untuk mengundang lebih banyak teman di facebook, beritahukan bahwa Anda punya akun di Digg. Klik tombol Facebook di bagian atas halaman My News.
  6. Lakukan Log in ke akun facebook Anda.
  7. Setelah itu tuliskan komentar dan klik Share. Berita terpopuler di My News akan terposting di profil facebook Anda.

Top News

Untuk melihat berita populer pada situs Digg terapkan langkah berikut:

  1. Bukalah jendela Digg dengan menuliskan http://digg.com/news pada browser Anda lantas tekan Enter.
  2. Bila sudah aktifkan tab Top News.
  3. Selanjutnya pilih kategori konten atau berita yang Anda inginkan.
  4. Anda pun bisa memilih berita terbaru dalam kurun waktu satu hari, seminggu, atau sebulan.
  5. Berita dengan “Digg” paling banyak akan berada di urutan paling atas. Untuk melihat berita dari sumbernya klik pada judul link tersebut.
  6. Setelah itu Anda bisa memberikan suara atau vote. Bila Anda terkesan tekan Digg atau Bury bila Anda rasa berita tersebut tidak menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: