Proofing untuk Blog yang Lebih Baik

-Ms. Word 2010 > Blog Post-

Proofing pada blog post memiliki fungsi yang hampir sama dengan editing pada word versi sebelumnya. Fitur proofing memungkinkan Anda melakukan pemeriksaan pada dokumen dalam hal ejaan dan tata bahasa. Fitur profing menyediakan fungsi pengaturan bahasa, pemeriksaan spelling and grammar, transliterasi, pencarian, referensi, kamus, thesaurus, dan word count. Pada bab ini akan dibahas fungsi yang dominan pada penggunaan fitur proofing.

Menggunakan Speeling and Grammar

Anda bisa mengecek kata, ejaan, dan lain sebagainya pada artikel berbahasa Inggris sebelum Anda publish pada blog Anda. Fitur spelling and grammar memudahkan Anda mencari kata-kata dan ejaan yang salah pada artikel dengan memperhatikan kata yang bergaris bawah merah. Untuk menggunakan fitur spelling and grammar ikuti langkah berikut:

  1. Buka file artikel berbahasa Inggris di komputer Anda, setelah itu dobel klik.
  2. Anda bisa melakukan Copy artikel tersebut.
  3. Masuklah ke draf  posting blog post dengan memilih tab File > New > Blog Post > Create.
  4. Paste artikel Anda pada lembar yang tersedia di Blog Post.
  5. Kemudian perhatikan kata-kata yang di bawahnya bergaris merah.
  6. Setelah Anda menemukan kata yang dimaksud letakkan kursor di samping kata atau ejaan tersebut.
  7. Kemudian pada tab Blog Post di bagian Proofing tekan dropdown Spelling. Arahkan pointer pada Spelling and Grammar.
  8. Lalu muncul kotak dialog Spelling and Grammar: English (U.S). Anda akan melihat kata atau ejaan yang salah berwarna merah pada kolom Not In Dictionary.
  9. Pada kolom Suggestions akan muncul kata atau ejaan untuk merevisi kata yang salah tersebut. Pilih kata atau ejaan yang tepat pada kolom Suggestions lalu tekan Change.
  10. Maka kata atau ejaan yang terdapat pada artikel Anda sudah berganti.

Memanfaatkan Thesaurus

Selain spelling and Grammar, fitur lain yang akan memudahkan Anda untuk membuat artikel berbahasa Inggris adalah Thesaurus. Thesaurus merupakan sebuah buku yang berisi daftar kata-kata yang dikelompokkan menurut kesamaan makna (Sinonim) dan kadang-kadang mengandung lawan kata (Antonim). Biasanya digunakan untuk menyesuaikan arti kata dengan konteks sebuah kalimat. Pelajari langkah berikut untuk menggunakan thesaurus dalam artikel Anda:

  1. Setelah Anda membuka artikel di file blog post Anda, pilih kata yang ingin Anda ganti dengan sinonim yang lain dengan menyeleksi kata tersebut.
  2. Setelah kata tersebut terseleksi, arahkan pointer pada bagian Proofing lalu klik dropdown Spelling kemudian pilih Thesaurus.
  3. Muncul Task Pane Research. Pilih sinonim yang ingin Anda masukkan di dalam artikel dengan menekan dropdown di bawah artikel tersebut kemudian tekan Insert.
  4. Kata yang Anda seleksi pada artikel telah tergantikan dengan kata dalam thesaurus yang Anda pilih.

Memasukkan AutoCorrect Options

Ketika Anda mengetik sebuah artikel, kesalahan ketik bisa saja terjadi. Untuk  meminimalisasi kejadian salah ketik, Anda cukup mendata kesalahan ketik apa yang sering Anda buat atau kesalahan yang Anda antisipasi, setelah itu masukkan dalam AutoCorrect Options. Perhatikan step-step di bawah ini untuk memahaminya:

  1. Ketika Anda membuka dokumen di Blog Post, pilih tab File kemudian Options.
  2. Pilih link Proofing lalu tekan tombol AutoCorrect Options.
  3. Masukkan kesalahan yang sering Anda buat pada kolom sebelah kiri, kemudian masukkan koreksi pada kolom sebelah kanan. Setelah itu press Add.
  4. Setelah kesalahan dan koreksi ketik Anda sudah dimasukkan, maka word akan melakukan otomatisasi koreksi apabila Anda melakukan kesalahan ketik pada kata tersebut. Setelah Anda mengerti tekan OK.
  5. Kemudian tekan OK lagi untuk keluar dari Word Options.

 Mengoptimalkan Fungsi Search

Apabila Anda kurang memahami kata yang Anda tulis dalam bahasa Inggris, maka Anda bisa mengoptimalkan fungsi Research untuk mengetahui definisi maupun artinya yang tersedia pada web site. Web site yang telah terkoneksi dengan fungsi ini akan mencari kata yang dimaksud disertai dengan referensinya.  Proses pemakaian fungsi research sebagai berikut:

  1. Posisikan komputer Anda dalam keadaan online. Setelah itu masuk pada artikel Blog Post, kemudian blok pada kata yang ingin Anda cari maknanya.
  2. Setelah itu pada bagian Proofing pilih opsi Research.
  3. Pada baris pertama akan muncul kata yang Anda blok tadi, kemudian pada baris kedua pilih opsi All Research Site.
  4. Hasil pencarian akan nampak pada task pane beserta referensinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: