Text on Photo (1)

Seni mendesain, memodifikasi, dan mengatur penempatan teks dalam ruang tertentu atau lebih dikenal dengan typography akan memperindah tampilan photo Anda. Dengan memberikan sentuhan typography pada teks, maka photo Anda akan semakin bermakna. Pada bab ini Anda akan belajar mendesain teks secara sederhana yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan warna tersendiri pada foto agar terkesan lebih dinamis dan menarik.

Rubber Stamp

Salah satu media teks yang sering digunakan untuk membuat sesuatu terlihat menjadi formal adalah stempel. Anda tentu tidak membayangkan bagaimana bila stempel tersebut Anda tuangkan pada sebuah image. Pada bab ini Anda akan mempelajari cara membuat stempel karet secara sederhana dan mudah. Perhatikan langkah di bawah ini:

  1. Buka photoshop CS5 di komputer Anda. Selanjutnya pada Tab File sorot New.
  2. Seketika muncul kotak dialog New, Anda isikan Height: 500 dan Width: 500 dengan satuan Pixels.
  3. Bila background Anda masih berwarna hitam arahkan pointer pada Tab Edit > Fill, pada dropdown Use pilih White lalu OK.
  4. Tulis sebuah teks dengan menekan ikon  Horizontal Type Tool. Bila sudah beri warna teks dengan biru #054fe4. Bila sudah pilih ikon  Rectangular Marquee Tool. Seleksi area di luar teks.
  5. Setelah itu buatlah Layer 1 dengan menekan ikon  Create a new layer. Sorot pointer pada Tab Edit > Fill, dan masukkan warna biru seperti teks di atas lantas tekan OK.
  6. Pilih Layer 1 kemudian klik kanan dan arahkan pointer mouse pada Blending Option.
  7. Pada kota dialog Layer Style, tekan opsi Stroke. Lakukan pengaturan bagian Structure dengan Size: 10 px, Position: Inside. Kemudian pada Fill Type sesuaikan Color: #054fe4.
  8. Setelahnya bawa pointer ke opsi Blending Option: Custom. Geser This Layer slider ke ujung paling kiri kemudian OK dan lihat hasilnya.
  9. Langkah selanjutnya pilih Layer Text lalu klik kanan dan Rasterize Type untuk mengubah teks menjadi sebuah bentuk. Lanjutkan ke Layer 1 dan tekan tombol Ctrl+E maka layer 1 dan teks akan bergabung menjadi Layer Teks.
  10. Langkah terakhir yakni menambahkan efek Grunge brush. Anda bisa mencarinya di http://photoshopbrushes.com/brushes/39.htm.
  11. Masih di Layer Teks, tekan ikon  Eraser Tool. Pada pull down jenis brush, pilih efek Grunge yang telah Anda download dari internet sebelumnya.
  12. Tempelkan efek tersebut ke teks yang telah Anda buat. Dan Anda telah mempunyai stempel karet seperti di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: