Membuat Kolase Polaroid

Kolase adalah gabungan dari beberapa foto dalam satu frame. Sedangkan polaroid merupakan foto yang dihasilkan oleh kamera langsung jadi (Kamera polaroid). Pada bab ini Anda akan belajar membuat kolase dengan koleksi foto polaroid. Beberapa foto polaroid yang disusun sehingga menjadi satu objek dalam satu frame. Untuk lebih lengkapnya aplikasikan langkah-langkah berikut ini  :

  1. Buka jendela CorelDRAW X5, pilih Menu File > New dan setting ukuran kertas, pada bab ini kami menggunakan kertas ukuran Letter dan posisi kertas Landscape.
  2. Buatlah sebuah objek persegi empat dengan  Rectangle tool. Bila sudah tekan ikon  Contour tool lalu pada Property bar atur Contour steps: 1, Contour offset: 0,1″ dengan type contour: Inside
  3. Selanjutnya arahkan pointer pada Menu Arrange > Break Contour Group Apart. Klik pada objek contour dan geser kotak sehingga berbentuk seperti foto polaroid.
  4. Beri warna objek contour dengan abu-abu pada Color Palette, dan kotak original dengan warna putih. Seleksi kedua objek tersebut kemudian klik Menu Arrange > Group.
  5. Masukkan objek polaroid tersebut ke dalam kertas Anda. Gandakan dengan menekan tombol + (Plus) pada keyboard Anda dan posisikan sedemikian rupa polaroid-polaroid tersebut.
  6. Langkah berikutnya buat objek kotak dengan  Rectangle tool, tekan ikon  Fill tool di tool box lalu pilih opsi Texture Fill. Pada contoh kali ini kami menggunakan Sample 5 pada Texture library dan Blue Valley untuk Texture list lalu tekan OK.
  7. Bawa teksture tersebut ke belakang halaman dengan pilih Menu Arrange > Order > To Back of Page.
  8. Lanjutkan dengan klik ikon  Smart Fill tool dan tuangkan pada objek contour.
  9. Untuk menggabungkan objek-objek contour tersebut menjadi satu bagian, tahan tombol Shift pada keyboard dan seleksi objek contour tersebut satu persatu dengan  Pick tool. Klik ikon  Combine pada tool bar, maka objek contour tersebut akan menjadi satu bagian seperti gambar di bawah ini.
  10. Input sebuah image, sesuaikan dengan bidang polaroid, lantas klik Menu Effects > PowerClip > Place Inside Container.
  11. Untuk mengedit posisi image tersebut klik Menu Effects > PowerClip > Edit Contents. Kemudian tekan Finish Editing Object yang terletak disebelah kiri scrol bar bila ingin menyudahinya.
  12. Seleksi seluruh objek Anda dengan Pick tool dan hilangkan garis tepi dengan menekan ikon  Outline Pen > No Outline.
  13. Seleksi salah satu objek polaroid, kemudian tekan  Drop Shadow tool pada tool box. Letakkan pada polaroid tersebut kemudian geser arah bayangan.
  14. Pilih objek polaroid yang lain lalu arahkan pointer pada Menu Effects > Copy Effect > Drop Shadow From... seketika muncul anak panah, lekatkan pada bayangan polaroid sebelumnya.
  15. Demikian selanjutnya hingga seluruh polaroid mempunyai bayangan.
  16. Langkah terakhir adalah membuat bingkai. Buatlah sebuah kotak dengan  Ractangle tool pada sisi sebelah kiri, kemudian ambil warna hitam. Hilangkan garis tepi dengan klik kanan mouse di  kotak yang diberi tanda silang pada Color Palette.
  17. Klik  Tranparency tool dan buat gradasi pada objek kotak tersebut. Ubah Transparency operation dengan Multiply .
  18. Gandakan sisi bingkai tersebut dengan menekan tombol + (Plus) pada keyboard. Selanjutnya tekanlah  Mirror horizontally pada tool bar, geser gradasi tersebut ke sisi yang lain.
  19. Lakukan langkah yang sama pada sisi atas dan bawah dengan menggunakan  Mirror vertically.
  20. Cobalah langkah-langkah tersebut di atas dengan image yang berbentuk vertikal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: