Membuat Logo

Bila Anda mempunyai sebuah perusahaan, instansi, organisasi, produk dan lain sebagainya, tentu Anda menginginkan identitas pengganti nama yang dapat menyiratkan sebuah arti. Identitas tersebut bisa berupa gambar maupun sketsa yang dapat mewakili arti dari sebuah daerah, perusahaan, organisasi, produk dan sebagainya. Biasanya identitas ini lebih dikenal dengan istilah logo. Oleh sebab itu, pada bab ini Anda akan berlatih langkah-langkah dasar membuat logo yang dapat dikembangkan dengan kreativitas Anda sendiri. Alat bantu yang digunakan adalah CorelDRAW X5 dan berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka jendela CorelDRAW X5, bila sudah mulailah membuat bentuk lonjong dengan menggunakan  Ellipse tool, agar ukuran proporsional kombinasikan dengan tombol Shift di keyboard.
  2. Selanjutnya klik ikon  Smart Fill tool untuk memberikan warna pada objek bentuk, hal ini bertujuan agar bisa memisahkan objek per bagian.
  3. Berikutnya pilih ikon  Color Eyedropper tool untuk memberi warna sesuai dengan contoh. Ambil warna dari contoh untuk mengetahui kode warna kemudian tuang pada objek Anda.
  4. Bila sudah tekan bagian ellips selanjutnya dan klik ikon  Interactive Fill tool untuk memberi efek gradasi. Tahan tombol Ctrl+Shift sambil Anda tarik garis ke atas.
  5. Masukkan efek gradasi dengan click and drag warna yang tersedia di Color Palette lalu masukkan ke baris gradasi.
  6. Apabila warna Anda terlalu gelap, tekan Ctrl+White Color pada palette untuk menambahkan campuran warna putih.
  7. Kemudian pilih bidang ellips selanjutnya dan lakukan langkah yang sama untuk memasukkan gradasi.
  8. Tekan ikon  Pick tool lalu seleksi seluruh bidang.
  9. Lantas arahkan panah mouse ikon  Outline Pen dan sorot opsi No Outline, maka garis-garis tepi pada objek akan hilang.
  10. Objek ellips terakhir Anda klik, lalu tekan ikon  Fiil tool dan pilih opsi Fountain Fill. Muncul dialog box Fountain Fill, atur Type pada Radial. Lanjutkan dengan memilih warna, Anda bisa menyesuaikannya dengan contoh. Pilih ikon  Eyedropper letakkan pada contoh dan Anda akan mendapatkan warna yang identik.
  11. Buatlah bentuk ellips dengan menggunakan Ellipse tool dan pilih warna putih pada palette.
  12. Sorot pointer pada  Outline Pen tekan opsi No Outline. Setelah itu pilih   Blend tool dan arahkan pada Tranparency. Drag pointer dari atas ke bawah.
  13. Kemudian buat dua buah ellips yang saling memotong, ambil   Smart Fill tool pada bagian yang saling memotong tersebut. Bila sudah Delete bagian ellips yang tidak terpakai dan bawa potongan ke objek awal.
  14. Gunakan  Outline Pen untuk membuang garis tepi, kemudian kembali ke  Tranparency tool. Drag dari kiri ke kanan lalu input warna abu-abu dan hitam di bagian tepi.
  15. Selanjutnya tulis teks dan masukkan ke objek bentuk. Pilih Tab Arrange > Order > To Front of Page untuk membawa teks  di atas permukaan.
  16. Kemudian arahkan pointer Anda ke ikon  Interactive Fill tool. Drag dari arah bawah ke atas serta masukkan warna putih, abu-abu dan hitam dari color palette.
  17. Setelah itu bawa pointer ke  Outline Pen dan pilih opsi Outline Pen untuk mengatur warna. Ambil warna contoh dengan menggunakan  Eyedropper lalu atur ketebalan garis tepi 1 mm. Setelah itu tekan tombol + (plus) pada keyboard untuk duplikat teks.
  18. Seleksi duplikat teks lalu klik kanan warna hitam pada palette hingga garis tepi duplikat teks menjadi hitam. Geser teks tersebut di atas objek bentuk. Klik teks original lalu pilih Tab Arrange > Order > To Front of Page.
  19. Selanjutnya buatlah dua buah elips di bawah objek bentuk.
  20. Klik ellips besar kemudian hilangkan garis tepi dengan Outline Pen > No Outline, kemudian ambil warna hitam pada color palette.
  21. Berikutnya Anda pilih  Transparency tool kemudian pada property bar pilih Uniform pattern dan atur Transparency menjadi 100.
  22. Sorot pada ellips kecil, hilangkan garis tepi dengan Outline Pen dan ambil warna abu-abu dari color palette. Lantas pergilah ke Transparency tool, pilih opsi Uniform pada dropdown pattern dan geser slider Transparency ke 58.
  23. Tekan tombol Shift dan klik ellips kecil dan besar. Pilih Tab Effects > Blend, pada dropdown Number of steps ketik 20 lalu Apply.
  24. Anda bisa resize ukuran dengan  Pick tool dan mengatur ulang transparansi dengan Transparency tool.
  25. Selanjutnya buatlah objek bintang dengan klik ikon  Polygon tool > Star, lanjutkan dengan menghilangkan garis tepi dengan Outline Pen dan beri warna putih.
  26. Arahkan pointer ke Property Bar, ketik 20 untuk Points or sides, lalu 94 pada Sharpness.
  27. Ambil warna merah pada color palette dan tekan Ctrl+Warna Putih hingga serupa dengan contoh.

Contoh gambar yang ditiru:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: