Berburu Informasi Yang Relevan

Ketika Anda melakukan presentasi kepada audience maka Anda telah melakukan suatu bentuk komunikasi. Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari satu pihak kepada pihak lain baik berupa gagasan, ide, data dan sebagainya sehingga terjadi iklim saling mempengaruhi diantara pihak-pihak yang berkomunikasi. Oleh sebab itu informasi menjadi unsur penting dalam proses komunikasi. Informasi yang akurat dan terpercaya akan meningkatkan kredibilitas seorang speaker dimata audience. Pada bab ini akan disampaikan beberapa sumber informasi yang dapat dijadikan rujukan untuk mengembangkan konten presentasi Anda.

Internet

Salah satu sumber informasi yang populer adalah internet. Ratusan juta website menyuguhkan informasi yang beragam kepada pengguna, oleh sebab itu dibutuhkan kejelian dalam memilih informasi yang disampaikan. Agar pencarian informasi di internet lebih efektif, Anda bisa mencoba saran berikut:

  • Manfaatkan kolom pencarian lanjutan (Advanced search). Hampir semua mesin pencari menyediakan fasilitas ini, fasilitas tersebut memungkinkan web surfers dapat mancari dengan tanggal up date, mencari domain tertentu seperti “.org” atau berdasarkan bahasa tertentu. Caranya:
  1. Tulis kata sandi pada search field lalu tekan link Penelusuran lanjutan.
  2. Komposisikan informasi yang Anda ingin peroleh dengan kolom yang disediakan Penelusuran lanjutan. Bila telah selesai tekan tombol Penelusuran Google.
  • Pencarian dengan frase. Untuk memudahkan mesin pencari menemukan informasi yang Anda cari, gunakan tanda kutip di awal dan akhir kata kunci Anda. Tanda kutip menunjukkan adanya keterkaitan antarkata.
  • Menggunakan kata lebih spesifik. Kata yang lebih spesifik bisa mengerucutkan pencarian informasi search engine, kata tersebut bisa berupa spesifikasi warna, merk, lokasi, motif dan sebagainya yang Anda tambahkan pada kata kunci utama.
  • Gunakan kata-kata pencarian alternatif. Bila Anda belum menemukan informasi yang Anda peroleh, input sinonim dari kata kunci. Sebagai contoh Anda bisa menuliskan “~report” (tanpa tanda kutip) di web browser, maka akan menghasilkan pencarian yang memiliki sinonim dengan kata report seperti: reporter, survey, review, forecast, reporting, reportage dan sebagainya. Atau Anda bisa memanfaatkan fasilitas Thesaurus yang ada di MS Word 2010. Caranya:
  1. Buka Ms Word 2010 Anda, bila sudah klik  Tab Review > Thesaurus.
  2. Kemudian muncul panel Research di sebelah kanan, tuliskan kata report untuk All Reference Books kemudian klik ikon search.
  • Masukkan tanda plus atau minus. Ambil contoh, tuliskan “city guide +Jakarta” di search bar, maka pencarian akan mengerucut pada kota Jakarta. Demikian sebaliknya bila Anda menuliskan “city guide –Jakarta”.
  • Hanya pencarian nama domain. Apabila Anda sudah menemukan situs yang Anda cari tapi tidak yakin dimana letak informasi tersebut, gunakan formula “site” dan situs. Misalnya Anda membutuhkan informasi template di Microsoft.com tuliskan di search field “template site: www.microsoft.com” (tanpa tanda kutip).
  • Jelajahi “best of” site. Bila Anda ingin mencari kualitas, bukan kuantitas informasi, maka Anda bisa mengunjungi situs yang menyediakan kumpulan informasi, misalnya http://www.about.com/, http://www.wikipedia.org/.
  • Hilangkan konten yang tidak pantas. Bila Anda tidak ingin hasil penelusuran mengikutkan konten dan gambar dewasa secara eksplisit maka Anda bisa melakukan pengaturan di setelan penelusuran. Ilustrasinya sebagai berikut:
  1. Tekan link Setelan penelusuran yang berada di pojok kanan atas halaman Google.
  2. Lalu beri tanda tombol radio pada “Terapkan filter yang ketat (Filter baik teks maupun gambar yang gamblang)”, setelah itu tekan tombol Simpan Preferensi.
  3. Bila muncul konfirmasi penyimpanan preferensi, klik saja OK.
  • Hemat waktu dengan toolbar pencarian. Anda bisa memanfaatkan windows live toolbar atau Google toolbar, caranya:
  1. Masukkan alamat berikut http://toolbar.live.com/features.aspx ke web browser Anda.
  2. Klik tombol Download berwarna oranye.
  3. Bila muncul dialog box Opening WLToolbarSetup_en.exe, pilih Save File.
  4. Klik ganda file yang telah Anda download dari internet.
  5. Beri tombol radio di depan I agree to the terms of use and privacy statement, dilanjutkan dengan klik tombol Next.
  6. Pilih negara atau lokasi Anda pada dropdown select your country or region.
  7. Bila proses instalasi telah selesai, tekan Finish.
  8. Untuk memasang Google toolbar Anda bisa mendownload sofrwarenya di https://www.google.com/intl/en/toolbar/ff/index.html.
  • Mengkhususkan mesin pencari Anda. Web browser seperti Google menyediakan link khusus apabila Anda akan mencari gambar, maps, berita, buku, dan sebagainya. Anda pun bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Apabila Anda sudah menemukan sumber informasi berupa website dari kata kunci yang Anda masukkan ke web browser, maka perhatikan beberapa poin berikut:

  • Cariah website yang kredibel, alamat website yang berakhir dengan “.edu” dikembangkan oleh lembaga pendidikan seperti universitas. Bila berakhiran  “.org” biasanya dikelola asosiasi atau organisasi, sedangkan “.gov” merupakan situs pemerintah. Bila akhir alamat website tersebut “.com” maka web ini kebanyakan mempunyai unsur bisnis, tetapi bukan berarti tidak kredibel. Hanya saja akan lebih sulit mengatakan siapa sponsor atau sumber informasi terkait.
  • Website resmi memberikan informasi identitas dan kontak mereka seperti alamat email atau nomor telepon. Biasanya hal ini tersedia dengan menge-klik link “About Us” dan  “Contact Us”.
  • Bila situs didanai oleh pihak ketiga atau sponsor, maka informasi tersebut harus jelas terlihat oleh pengguna.
  • Konten yang dimuat harus memiliki tanggal, dan tanggal tersebut dapat menunjukkan kapan terakhir informasi tersebut direview.
  • Jika informasi yang disampaikan bukan berasal dari website tersebut, maka sumber informasi harus dicantumkan.
  • Privasi dan keamanaan laporan semestinya dipasang di website.
  • Semua link di situs mudah diakses.
  • Waspada terhadap situs yang meminta informasi dari Anda sebelum Anda dapat mengakses informasi dari mereka.

Perpustakaan

Sumber informasi lainnya adalah perpustakaan. Ketika Anda berkunjung ke perpustakaan, sumber daya terbaik yang dapat Anda temui adalah pustakawan. Mungkin saja mereka belum bisa menjawab semua pertanyaan Anda, tetapi mereka bisa membantu Anda menemukan sumber yang relevan untuk menjawab pertanyaan Anda.

Publikasi Perusahaan

Perusahaan terkemuka biasanya menyediakan informasi yang bisa diakses oleh publik. Bahan yang bersifat umum seperti laporan tahunan, komunikasi internal, produk, tingkat pertumbuhan dan sebagainya akan dipublikasikan melalui media massa. Yang perlu ditekankan adalah bahwa materi yang disampaikan bisa saja didesain untuk menggambarkan citra positif perusahaan atau organisasi.

Wawancara

Pengumpulan informasi melalui metode wawancara pribadi mempunyai tantangan tersendiri. Selain membutuhkan keterampilan dalam mengelola pertanyaan, metode ini mempunyai beberapa kelemahan. Diantaranya narasumber maupun responden kadang tidak mengungkapkan kebenaran apalagi berkaitan dengan kehidupan pribadi, informasi yang terkumpul tidak dapat mewakili populasi yang lebih besar karena kenyataannya hal tersebut hanya pendapat seseorang. Apabila Anda menggunakan metode wawancara untuk memperoleh informasi, maka perhatikan beberapa hal berikut:

  • Melakukan konfirmasi jadwal lebih awal dan tepat waktu. Tidak semua narasumber dapat meluangkan waktu di saat Anda ingin melakukan wawancara, atau Anda bukan satu-satunya orang yang ingin mewawancarai yang bersangkutan.
  • Sampaikan secara jelas detail maupun tujuan wawancara Anda kepada narasumber.
  • Rinci pertanyaan dan sampaikan kepada narasumber untuk mengatur fokus pembicaraan, karena senyatanya apa yang ingin narasumber sampaikan kepada Anda menjadi topik yang lebih menarik dibandingkan dengan apa yang ada dalam pikiran Anda dan ingin didiskusikan.
  • Gunakan waktu seefektif mungkin, apabila Anda memperkirakan waktu yang dibutuhkan lama, buatlah janji dan konfirmasikan kebutuhan waktu Anda tersebut.
  • Beberapa orang kadang tidak suka berhadapan dengan orang yang sibuk mencatat. Jadi catatlah resume wawancara Anda segera setelah acara usai. Apabila akan mengambil atau merekam gambar, mintalah izin terlebih dahulu.
  • Jangan lupa mengucapkan terima kasih.

Pengalaman Pribadi

Beberapa presentasi yang dinamis merujuk pada pengalaman pribadi speaker. Speaker dapat membawa suasana sesungguhnya yang dapat mempengaruhi audience secara emosional. Hal yang perlu diperhatikan apabila Anda menjadi speaker adalah Anda pernah mendengar cerita serupa yang disampaikan oleh orang lain.

Pengetahuan Umum

Merupakan informasi yang diketahui oleh publik namun masih dipertanyakan validitasnya. Kadang hal ini menjadi referensi karena setiap hari kita mendengar informasi tersebut dari orang yang berbeda-beda sehingga nampak meyakinkan. Pengetahuan umum memiliki keakuratan informasi yang rendah, tetapi Anda bisa memanfaatkannya untuk merefresh ide Anda, dan menangkap peluang dari sumber informasi yang Anda butuhkan.

Tipe Data

Bila Anda telah melakukan verifikasi dan pencatatan terhadap informasi yang Anda peroleh, maka Anda telah mempunyai data. Sebagai public speaker, Anda akan mengolah data ini, kemudian menyampaikannya secara tepat agar mudah dipahami oleh orang yang tidak mengalaminya secara langsung. Banyak tipe data yang dapat Anda sampaikan untuk mendukung keberhasilan presentasi Anda.

Cerita

Pengalaman hidup Anda maupun orang lain merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menjalin hubungan dengan orang lain, terutama audience Anda. Secara sederhana, apa yang Anda sampaikan bisa saja dialami oleh orang lain, ditambah dengan bahasa analogi yang mudah dimengerti oleh kebanyakan orang.

Kutipan

Menggunakan kutipan berarti menambahkan karya orang lain ke dalam presentasi Anda.  Kutipan dari orang yang kredibilitasnya diakui oleh publik akan mendongkrak kepercayaan audience kepada Anda, namun sebaliknya, Anda menggunakan ide yang buruk bila Anda salah memilih karya dari pribadi yang dipertanyakan dan tidak dihormati. Anda bisa menggunakan kutipan langsung atau tidak langsung. Kutipan langsung adalah kutipan yang ditulis sama persis dengan sumber aslinya, baik bahasa maupun ejaannya. Sedangkan kutipan tidak langsung adalah kutipan yang tidak sama persis dengan aslinya, pengutip hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali dengan kalimat yang disusun oleh pengutip.

Berikut tata cara mengutip karya orang lain:

  • Kutipan dari buku

Sudono, Agus, Memanfaatkan Port Printer Komputer Menggunakan Delphi Teori dan Aplikasi, Semarang: SmartBooks, 2004.

  • Kutipan dari majalah, tabloid, atau Koran

PC Mild, Indonesia’s Greatest Computer Newspaper, Edisi 02/2008, Jakarta: PT. Dian Digital Media.

  • Kutipan dari internet berupa FTP (File Transfer Protocol)

Johnson-Eilola, Johndan., “Little Machines: Rearticulating Hypertext User.” 3 Dec. 1994, ftp://ftp.daedalus.com/pub/CCCC95/johnson-eilola, (14 Aug 1996).

  • Kutipan dari internet berupa HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Burka, Lauren P, “A Hypertext History of Multi-User Dimensions.”, MUD History. 1993, http://www.utopia.com/talent/ipb/muddex/essay, (2 Aug. 1996).

  • Kutipan dari internet berupa Email, Listerv, dan Newsgroup

Crump, Eric, “Re: Preserving Writing.”, Alliance for Computers and Writing, Listerv, acwl@unicorn.acs.ttu.edu, (31 Mar. 1995).

Statistik

Statistik adalah informasi, data numerik atau hasil penerapan algoritma pada suatu data yang diolah dan disusun dengan cara sedemikian rupa agar lebih bermakna. Dengan data statistik akan mendongkrak kredibilitas presentasi Anda, namun penggunaannya yang kurang tepat akan membuat audience jenuh. Periksalah validitas data dan sebutkan sumber statistik tersebut.

Fakta

Merupakan hasil dari suatu penelitian atau observasi dengan metode ilmiah yang dapat diverifikasi oleh siapapun. Adalah sesuatu yang benar dan  secara objektif dapat dibuktikan. Hal yang perlu dipahami adalah fakta dapat berubah dari waktu ke waktu, jadi tuangkan informasi yang detail ketika Anda menyampaikan suatu fakta. Beberapa contoh fakta:

  • Rupiah dinyatakan sebagai mata uang nasional RI pada tanggal 2 November 1949.
  • Istana kepresidenan Tampaksiring merupakan satu-satunya istana RI yang dibangun setelah Indonesia Merdeka, tepatnya pada tahun 1957.
  •  Istana Merdeka mulai dibangun pada tahun 1873 dan selesai pada tahun 1879. Istana tersebut dirancang oleh arsitek Drossares dengan luas 6,8 hektar dan 16 jumlah anak tangga yang terdapat di bagian depan gedung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: