Revolusi Karir

Oleh: Tung Desem Waringin

Jl. Janur Hijau I Blok AA5 No. 16 Gading Serpong-Tangerang, Email: tungdw@dahsyat.com Telp. (021) 547 6677 Fax: (021) 5465566

Revolusi sering didefinisikan sebagai perubahan secara cepat berkaitan dengan permasalahan mendasar masyarakat. Oleh sebab itu, revolusi merupakan sebuah jawaban untuk menumbangkan keadaan yang bersifat stagnan, pro status quo, dan anti perubahan. Berbicara mengenai revolusi, ada sebuah ulasan yang menarik tentang revolusi karir dari Tung Desem Waringin dalam sebuah artikel bertajuk “Career Revolution” yang saya dapatkan ketika mengikuti pembekalan calon pengajar di Magistra Utama Yogyakarta. Berikut artikel itu saya release kembali agar menumbuhkan motivasi bagi kita semua.

Career Revolution

Career Revolution, sungguh merupakan suatu impian bagi semua orang yang bekerja: Cepat Naik Pangkat dan Cepat Naik Gaji Besar.

Saya pribadi pernah bekerja delapan tahun di sebuah Bank Swasta Terbesar di Indonesia, dari tahun 1992-2000. Mulai masuk bekerja sebagai MDP (Management Development Program) atau kader pemimpin. Belajar terlebih dahulu selama 15 bulan. Setiap minggu ulangan, setiap 3 bulan ujian seperti ujian skripsi. tidak lulus boleh mengulang sekali. Kalau masih belum berhasil akan dikeluarkan dari MDP.

Ternyata setelah lulus MDP, karir saya termasuk sangat cepat. Hanya dalam waktu 21 bulan setelah lulus MDP, saya diangkat menjadi Wakil Pemimpin Kantor Cabang Utama di Cabang kelas Wilayah (Cabang Besar). Sukses dua tahun sebagai wakil, kemudian dipromosikan menjadi Kepala Cabang Utama. Gaji juga mengalami lonjakan sangat besar, sekitar 1200% atau dua belas kali lipat dalam waktu 6,5 tahun berkarir. Dan pindah ke perusahaan baru dengan posisi Senior Vice President, dengan gaji 3 kali lipat dari yang sudah naik dua belas kali.

Ini rahasianya:

  1. Bisa dipercaya
  2. Punya nilai tambah
  3. Berperilaku menyenangkan
  4. Dikenal orang yang tepat dalam jumlah yang banyak

Mari kita bahas satu persatu rahasia di atas:

Bisa Dipercaya

Tidak bisa dipercaya tidak ada karir! Selesai. Titik. Hal ini adalah syarat mutlak dalam berkarir. Kadang ujian bisa dipercaya atau tidak sangat tipis. Misal waktu saya menjadi wakil pemimpin, saya tidak tahu bahwa penggunaan telpon pribadi dimonitor oleh atasan saya. Untung saat itu setiap bulan saya minta print penggunan telpon dengan kode password saya dan penggunaan interlokal pribadi saya keluarkan dan saya bayar pribadi. Saya baru tahu ketika wakil pemimpin yang lain marah-marah karena diminta membayar penggunaan telpon pribadi.

Juga Anda tidak pernah tahu Anda sedang di tes atau tidak oleh atasan Anda. Contoh suatu hari saya diminta oleh Wakil Presiden Direktur untuk mendatangi sebuah perusahaan, dan oleh pemilik perusahaan tersebut saya diberi amplop ucapan terima kasih dan tentu saja ini adalah hal terlarang di perusahaan saya, maka saya tolak. Eh sore harinya saya ditelpon oleh Wapresdir yang merangkap Kepala Divisi HRD (sekaligus anak pemilik perusahaan), diberi ucapan selamat bahwa saya lolos tes, dan siap untuk dipromosi jadi pemimpin cabang! Bisa terbayang bila saat itu saya tidak lolos tes. Tidak ada promosi, tidak ada karir lagi. Masuk daftar black list. Tunjukkan Anda bisa dipercaya dalam hal besar maupun hal kecil.

bersambung…

Tinggalkan Balasan

