Pendahuluan

Masalah Ekonomi dan Elastisitas

Di dalam ilmu ekonomi, kita mengenal konsep elastisitas. Elastisitas berfungsi untuk mengukur derajat kepekaan ketika terjadi perubahan harga atau pendapatan dengan jumlah barang yang diminta atau ditawarkan. Dengan mempelajari elastisitas kita dapat memprediksi implikasi perubahan harga atau pendapatan terhadap perubahan jumlah barang yang diminta atau ditawarkan. Informasi penting ini berguna bagi rumah tangga produsen sebagai pihak yang memproduksi dan menjual barang serta rumah tangga pemerintah selaku otoritas yang menjalankan sistem demokrasi ekonomi sekaligus sebagai pembuat kebijakan.

Kemudian apa kaitannya dengan masalah ekonomi?. Kalian tentu ingat, permasalahan pokok ekonomi modern bertumpu pada masalah produksi, seperti barang apa yang dibuat, bagaimana, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi. Hal itu dimaksudkan untuk menjawab problematika yang bersumber pada kebutuhan manusia yang cenderung tidak terbatas lantas harus dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas. Cara paling rasional untuk menyeimbangkan kebutuhan dan sumber daya ialah dengan mengurangi konsumsi dan menambah produksi. Lalu bagaimana caranya? Bagi pemerintah untuk menambah atau mengurangi konsumsi masyarakat  dapat dilakukan dengan memainkan instrumen pajak dan subsidi atau menerapkan kebijakan harga maksimun dan minimum. Kalian dapat mempelajari bagaimana kedua instrumen tersebut mempengaruhi keseimbangan pasar dalam blog ini dimana konsep elastisitas sangat berperan untuk memecahkan beberapa masalah ekonomi.

Hal kecil yang dapat diamati tentang konsep elastisitas di lingkungan kalian adalah bagaimana pengaruh pendapatan seseorang dengan permintaannya terhadap barang, apakah meningkat atau konstan?. Kemudian bilamana harga cabai naik begitu signifikan, apa yang terjadi dengan permintaan cabai?, lalu apa yang kalian dengar mengenai kebijakan pemerintah untuk mengatasi permasalahan itu? Demikianlah elastisitas bekerja dilingkungan kalian dari skala kecil hingga besar. Dengan belajar bersama di blog ini diharapkan kalian mampu memahami masalah pokok ekonomi, proses pembentukan harga, dan konsep elastisitas dalam memecahkan beberapa masalah ekonomi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: